Sekilas Info Perpustakaan Fisip Untirta

Assalamu’alaikum…

Hello semua, kali ini aku mau share informasi tentang perpustakaan FISIP UNTIRTA, sekaligus mempromosikan keberadaan perpustakaan FISIP UNTIRTA. hehe… nah kebetulan disini aku sendiri sebagai pustakawan di perpustakaan FISIP UNTIRTA. Oke langsung ajaa yaaa…. 🙂

  1. Deskripsi umum

Perpustakaan FISIP UNTIRTA adalah salah satu perpustakaan Fakultas yang berada di lingkungan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA). Perpustakaan FISIP UNTIRTA terletak di Jalan Raya Jakarta KM. 4 Serang, Serang, Banten, tepatnya di Gedung D lantai 3 Untirta. Perpustakaan FISIP UNTIRTA menyediakan koleksi bahan pustaka yang mencakup bidang administrasi negara/publik, politik, komunikasi, psikologi, humas, pemerintahan, hukum, dan lain-lain yang menunjang dalam proses pembelajaran prodi ilmu administrasi publik, ilmu komunikasi dan ilmu pemerintahan.

untuk memudahkan user dalam menemukan buku, perpustakaan FISIP UNTIRTA memfasilitasi katalog online yang biasa disebut OPAC (online public access cataloging). OPAC adalah sistem katalog terpasang yang dapat diakses secara umum dan dapat dipakai pengguna untuk menelusuri data katalog (untuk memastikan apakah perpustakaan menyimpan karya tertentu untuk mendapatkan informasi tentang lokasinya dan jika sistem katalog dihubungkan dengan sistem sirkulasi, maka pengguna dapat mengetahui apakah bahan pustaka yang sedang dicari tersedia di perpustakaan atau sedang dipinjam. Untuk mengunjungi situs katalog perpustakaan bisa diakses disini http://library.fisip-untirta.ac.id/

Perpustakaan FISIP UNTIRTA tidak hanya menyediakan koleksi buku literatur, selain itu menyediakan bahan pustaka lainnya seperti novel, majalah, jurnal intern, jurnal nasional dan internasional, koran, handbook, ensiklopedia, kamus, skripsi dan lainnya. Untuk memudahkan user dalam menemukan skripsi dan mengunduh skripsi berbentuk pdf, perpustakaan FISIP UNTIRTA menyediakan REPOSITORY ONLINE yang bisa diakses kapan saja lewat mobile dan PC.  Adapun situs repository online perpustakaan FISIP UNTIRTA bisa diakses disini  http://repository.fisip-untirta.ac.id/cgi/search/advanced

Sedangkan untuk mengunjungi halaman index kumpulan jurnal oleh FISIP UNTIRTA bisa dilihat disini http://ejurnal.fisip-untirta.ac.id/. Jurnal oleh FISIP UNTIRTA yaitu Jurnal Administrasi Publik, Jurnal Riset Komunikasi dan Journal of Governance.

  1. Layanan Perpustakaan

Untuk mendukung operasional perpustakaan yang baik, maka Perpustakaan Fisip Untirta melaksanakan kegiatan layanan perpustakaan sebagai berikut :

  1. Pendaftaran Anggota Perpustakaan

Layanan yang diberikan kepada mahasiswa, staf dan dosen di lingkungan Fisip Untirta untuk menjadi anggota perpustakaan.

  1. Sirkulasi Bahan Pustaka

Pelayanan sirkulasi adalah pelayanan yang menyangkut peredaran bahan-bahan pustaka yang dimiliki oleh perpustakaan. Pada pelayanan sirkulasi ini dilakukan proses peminjaman bahan pustaka  yang boleh dipinjam, penentuan jangka waktu peminjaman, pengembalian bahan pustaka yang dipinjam dan pembuatan statistik peminjaman untuk membuat laporan perpustakaan.

  1. Referensi / Rujukan

Layanan referensi adalah kegiatan pelayanan perpustakaan untuk membantu pemakai perpustakaan menemukan informasi dengan cara menjawab pertanyaan dangan menggunakan koleksi referensi serta memberikan bimbingan untuk menemukan dan memakai koleksi referens.

  1. Penelusuran Informasi

Layanan penelusuran informasi merupakan layanan yang diberikan kepada pengguna untuk mencari informasi terkait dengan ketersediaan koleksi bahan pustaka yang ada di perpustakaan. Layanan penelusuran informasi tersebut diberikan dengan adanya fasilitas OPAC (online public access cataloging) untuk menelusur koleksi buku dan repository untuk menelusur koleksi skripsi. Kedua sistem alat penelusur tersebut sudah berbasis online.

  1. Layanan ruang baca

Layanan ruang baca merupakan layanan yang diberikan kepada pengguna dengan memberikan fasilitas ruang baca dan belajar.

  1. Surat Bebas Perpustakaan

Layanan surat bebas pustaka ini diberikan kepada mahasiswa yang sudah lulus dan hendak melakukan bebas pustaka. Jadi sebelum diberikan surat bebas pustaka, mahasiswa harus mengembalikan seluruh buku yang dipinjamkan, sudah menjadi anggota perpustakaan dan membayar denda pengembalian buku (jika ada).

Dalam merencanakan layanan di perpustakaan kita harus mempertimbangkan kondisi yang ada di perpustakaan. Adapun sistem layanan perpustakaan FISIP Untirta mengaplikasikan sistem pelayanan terbuka (open access). Dalam sistem pelayanan terbuka perpustakaan FISIP Untirta memberi kebebasan kepada para pemustakanya (pemakainya) untuk dapat masuk dan memilih sendiri koleksi yang diinginkannya dari rak. Petugas hanya mencatat apabila koleksi tersebut akan dipinjam serta dikembalikan.

       2. Waktu Pelayanan

Waktu pelayanan dimulai hari :

  1. Senin s.d Kamis

Masuk                                       : 07.30 WIB s.d 12.00 WIB

Istirahat                                   : 12.00 WIB s.d 13.00 WIB

Masuk setelah jam istirahat : 13.00 WIB s.d 16.00 WIB

  1. Jum’at

Masuk                                      : 07.30 WIB s.d 11.30 WIB

Istirahat                                   : 12.00 WIB s.d 13.30 WIB

Masuk setelah jam istirahat : 13.30 WIB s.d 16.30 WIB

Nah itulah sekilas info tentang perpustakaan FISIP UNTIRTA. Bagi para pencari informasi yang membutuhkan buku berkaitan dengan koleksi buku yang dicari silahkan bisa langsung mengujungi perpustakaan FISIP UNTIRTA. Namun untuk pengujung umum (bukan mahasiswa, dosen dan staf FISIP UNTIRTA) tidak bisa diperkenankan untuk PINAJAM hanya diperbolehkan BACA DITEMPAT/PERPUSTAKAAN.

Oke semoga bermanfaat yaa guyss…

salam literasi.. 🙂

 

 

Leave a comment